Menghitung HOK (Hari Orang Kerja) Sistem Harian-DJ260658

Dalam kesempatan ini, saya akan mencoba sharring dengan rekan-rekan yang selama ini masih bingung cara menghitung HOK (Hari Orang Kerja) yang ada di RAB (Rencana Anggaran Biaya) dan bagaimana cara memasukannya ke format Daftar Hadir dan Tanda Terima Insentif Pekerja (Untuk Pekerjaan Sistem Harian) sesuai dengan Permendagri_No. 114 tahun 2014_Pedoman Pembangunan Desa.

Dan kepada rekan-rekan yang telah sharring baik melalui SMS, Telp maupun WA, saya mohon maaf baru bisa membuat artikel ini, karena kesibukan. Dan mudah-mudahan artikel ini bisa sedikit membantu.

Di Design dan RAB, biasanya satuan Pekerja, Tukang dan Mandor menggunakan HOK (Hari Orang Kerja). Perlu diketahui bahwa 1 HOK adalah 6 jam kerja (bukan 1 hari kerja). Sedangkan untuk 1 hari kerja sama dengan 1.5 HOK atau sama dengan 8 jam kerja. Sebagai ilustrasi saya uraikan, sebagai berikut :

Jam kerja :
Jam 07.00 WIB – 12.00 WIB = 5 jam kerja
Jam 12.00 Wib – 13.00 WIB = istirahat
Jam 13.00 WIB – 14.00 WIB = 1 jam kerja

Jadi kerja jam 07.00 WIB – 14.00 WIB adalah 6 jam atau disebut 1 HOK (dengan istirahat 1 jam)

Kemudian pekerjaan dilanjutkan :
Jam 14.00 WIB – 16.00WIB = 2 jam kerja
Jadi kerja antara jam 07.00 WIB – 16.00 WIB (dengan istirahat 1 jam) adalah sama dengan 1,5 HOK atau 1 hari kerja atau sama dengan 8 jam kerja.

Untuk menghitungnya saya gambarkan sebagai berikut :

Upah untuk Tukang sebesar Rp. 75.000,- per-HOK (untuk 6 jam kerja), jadi kalau tukang tersebut kerjanya hingga 8 jam atau 1 hari maka untuk menghitung adalah sebagai berikut :

Upah Kerja per-HOK kali 8 bagi 6 

Contoh untuk Upah Kerja Tukang :
75.000 x 8/6 = 100.000,-
artinya untuk kerja tukang tersebut upah per-harinya (8 jam) atau 1.5 HOK adalah Rp. 100.000,-

Lalu bagaimana cara menghitung HOK tersebut dalam format “Daftar Hadir dan Tanda Terima Insentif Pekerja (Untuk Pekerjaan Sistem Harian)” sesuai dengan Permendagri_No. 114 tahun 2014_Pedoman Pembangunan Desa.

Baiklah, saya di sini telah membuat “Daftar Hadir dan Tanda Terima Insentif Pekerja (Untuk Pekerjaan Sistem Harian)” yang telah otomatis. Dan saya akan mencoba menguraikan cara penggunaannya. Pada sheet “Data” seperti gambar berikut, silahkan anda isi data yang dibutuhkan.

Untuk HOK Pekerja, HOK Tukang dan HOK Mandor; tuliskan biaya untuk 1 HOK-nya
Jenis Kegiatan; tuliskan jenis kegiatannya
Patok/Lokasi Kegiatan; tuliskan lokasi kegiatan tersebut
Volume; tuliskan volume pekerjaan tersebut
HOK di RAB; tuliskan jumlah HOK untuk Pekerja, Tukang dan Mandor sesuai yang tercantum di RAB yang akan dibayarkan

Jumlah Upah di RAB; tuliskan jumlah Upah untuk Pekerja, Tukang dan Mandor sesuai yang tercantum di RAB yang akan dibayarkan. Sebetulnya di sini sudah otomatis jadi sebaiknya jangan dirubah tapi kalau tidak sama, ya silahkan dirubah saja.

masuk ke sheet “Upah” atau form “Daftar Hadir dan Tanda Terima Insentif Pekerja”

Pada form Combo Box yang berada di bawah menu “Tampilkan Semua Data” yang bisa anda pilih nomornya. Lihat gambar diatas ada combo box ada angka 1. Anda bisa memilih kegiatan yang akan kita hitung insentif pekerja tersebut.

Nama Pekerja; silahkan anda isi nama Pekerja yang bekerja pada kegiatan tersebut.

Kolom A-RTM; Anggota Rumah Tangga Miskin. Apabila Pekerja tersebut

Kolom L dan P; beri tanda pada kolom L, apabila pekerja tersebut Laki-laki dan beri tanda pada kolom P, apabila pekerja tersebut Perempuan.

Kolom Kategori; beri tanda pada kolom Pk, apabila pekerja tersebut sebagai Pekerja, beri tanda pada kolom Tk, apabila pekerja tersebut sebagai Tukang dan beri tanda pada kolom Md, apabila pekerja tersebut sebagai Mandor dalam pekerjaan tersebut.

Kolom Asal; beri tanda pada kolom Dl Ds, apabila pekerja tersebut berasal dari Dalam Desa dan beri tanda pada kolom Lr Ds, apabila pekerja tersebut berasal dari luar desa.

Kolom Hari Orang Kerja (HOK) – menurut tanggal; isi tanggal dan bulan dari mulai pekerjaan sampai selesainya pekerjaan tersebut. Kemudian pada kolom dibawahnya, lihat gambar diatas, apabila pekerja tersebut bekerja 1 hari (8jam) maka tuliskan 1.5 dan apabila pekerja tersebut bekerja setengah hari atau sekitar 6 jam maka tuliskan 1. Namun anda harus melihat data di tabel Validasi yang berada di atasnya.

Apabila pada tabel Validasi terutama pada kolom Lebih/Kurang, abapila masih ada sisa perhitungannya dari target di RAB maka akan tercantum angka diatas 0 (nol) dan anda bisa menambahkannya HOK tersebut, namun apabila perhitungan anda melebihi target di RAB maka akan tampil angka minus atau kurang dari 0 (nol) dan anda perlu mengurangi HOK tersebut. Begitu juga pada kolom Selisih jumlah upah kerja perlu anda perhatikan.

Untuk kolom yang lainnya, sebaiknya jangan dirubah karena sudah otomatis.

Nah, sekarang silahkan anda coba dan mudah-mudahan bisa membantu anda dalam membuat laporan APBDes. Dan apabila anda masih bingung, silahkan sharring di WA, Telp atau SMS.

o...iya, saya menyarankan anda jangan menghapus nama ikon website yang tampil karena apabila anda mengganti atau menghapusnya maka file tersebut akan error dan bahkan akan hilang. Begitu juga nama sheet jangan dirubah ya....

Wah... lupa nich, file ini menggunakan excel macro, jadi sebaiknya pada saat membuka file ini anda aktifkan dulu macro nya, Cara Mengaktifkan File Excel Berbasis VBA Macro dan format “Daftar Hadir dan Tanda Terima Insentif Pekerja” bisa mengisinya namun apabila anda mau nge-print format tersebut dan agar kolom atau format yang kosong tidak ikut ke print maka sebaiknya anda klik tombol “Hidden Data Kosong”. Silahkan dicoba.


Menghitung HOK (Hari Orang Kerja) Sistem Harian Kode DJ2606058


Demikian Catatan Kecil tentang :
Terima kasih atas kunjungannya dan "Selamat Berkreasi Semoga Sukses"

Selanjutnya 
« Prev Post
 Sebelumnya
Next Post »

Catatan Terkait



4 komentar:

  1. Kalau jumlah karyawan 7 orang. Durasi kerja 10jam dan 2 jam istirahat tiap harinya. HOK hariannya brpa ya bg? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jam kerjanya mulai jam 07 wib-17.00 wib berapa HOk nya bang ??

      Hapus
  2. Karyawan sebanyak 7 orang, kerja 10jam dan istirahat 2jam tiap hari nya. Hok dan perhitungannya gimana ya bg?terima kasih

    BalasHapus

Silahkan tulis komentar / saran-sarang yang membangun di sini !

Menghitung HOK (Hari Orang Kerja) Sistem Harian-DJ260658