Penghitungan Suara Pemilihan Kepala Desa-DJ2606099


Dalam pelaksanaan Penghitungan Suara Pemilihan Kepala Desa di Desa Jagamukti Tahun 2017, menggunakan sebuah administrasi Penghitungan Suara atau rekan-rekan panitia lainnya menyebutnya Quick Count Perolehan Suara Pilkades Jagamukti, walaupun ini berbasis excel yang sangat sederhana sekali.

Administrasi ini merupakan buatan panitia Pilkades Jagamukti untuk memperlancar pelaksanaan penghitungan suara. Dan sudah di uji coba pada Pilkades tersebut dan hasilnya sangat memuaskan dan sangat akurat, walaupun kami akui administrasi ini masih banyak kekurangannya.

Update :

Pada tahun 2019, telah digunakan di 8 desa di Kecamatan Surade pada pelaksanaan Penghitungan Suara, dan telah digunakan oleh beberapa desa di luar kecamatan Surade bahkan diluar Kabupaten dan di luar Propinsi.

Terima kasih atas masukan-masukannya sehingga aplikasi ini telah mengalami perbaikan-perbaikannya (update) untuk memudahkan dalam pelaksanaan Penghitungan Suara.

Pada waktu itu kami selaku panitia menampilkan perhitungan perolehan suara melalui 2 (dua) unit infokus. Infokus yang pertama kami pasang diruangan penghitungan suara dan yang satunya lagi kami pasang di pinggir balai desa, sehingga masyarakat akan focus melihat perolehan suara melalui infokus yang disediakan panitia. Dan hal ini juga untuk mengantisipasi masyarakat masuk ke ruangan penghitungan suara yang dapat mengganggu konsentrasi panitia dalam menghitung perolehan suara.

Dalam penggunaan aplikasi Penghitungan suara ini, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan agar bisa berjalan dengan normal.

  • Setiap membuka file ini aka aktif-kan dulu Security Macro Enable.

    Klik "Option" kemudian anda klik atau beri tanda pada pilihan "Enable this content" lalu OK, atau bisa dibaca pada artikel "Cara Mengaktifkan File Excel Berbasis VBA Macro"
    Untuk Office 2010 ke atas "Security Warning Macro has been disabled" lalu klik "Enable content"

  • Setting regional Komputer/Laptop ke regional "Bahasa Indonesia" bisa dibaca pada artikel "Cara Mensetting Regional Komputer"

  • Non-aktif-kan dulu fasilitas Simpan Otomatis, karena secara default, Ms Excel akan menyimpan dokumen secara otomatis setiap 10 menit sekali, dan ini akan mengganggu dalam penggunaan aplikasi perhitungan suara tersebut. Untuk menon-aktif-kan nya bisa dibaca pada artikel "Cara Menon-aktif-kan Menyimpan Otomatis Dokumen Excel"

  • Tutup/Klose semua aplikasi yang sedang dijalankan/dibuka, misal Ms Office, aplikasi Musik, Video, Internet, Corel, PhotoShop dan lain-lainnya. Jadi hanya aplikasi penghitungan suara ini saja yang aktif. Dan apabila anda sedang membuka aplikasi Ms. Excell, maka pada saat membuka aplikasi Penghitungan Suara, akan ditutup/Close secara Otomatis.

  • Install jenis huruf / font "Tally" bisa didownload jenis font Tally :

    dafont.com atau wfont.com atau 1001fonts.com
  • Setelah didownload, silahkan install di komputer/laptop. Cara menginstalnya bisa dibaca artikel "Cara Menginstall JenisHuruf / Font"

  • Tombol "Menu" atau gambar home untuk masuk ke Menu Utama

  • Gambar Print untuk print data

  • Tombol "Tampilkan Semua Data" untuk menampilkan semua data termasuk data yang kosong

  • Tombol "Hiden Data Kosong" untuk menyembunyikan data yang kosong agar tidak ikut ke print.

  • Tidak diperkenankan menghapus atau menambah (insert) baris atau kolom yang sudah ada

  • Tidak diperkenankan untuk menghapus nama sheet yang sudah ada

  • Tombol lain dibahas selanjutnya pada penggunaannya.

  • Untuk masuk ke Aplikasi, silahkan masukan User dan Password.


A. Langkah Awal Penggunaan Aplikasi Penghitungan Suara

  1. Untuk setiap masuk ke sheet "Menu Utama" anda klik tombol "Menu".

    Di menu inilah anda bisa masuk ke setiap sheet yang diperlukan.

  2. Masuk ke Sheet "Data Utama" dengan meng-Klik tombol "Data Utama"

    Silahkan anda isi data-datanya, namun saya akan membahas kolom-kolom seperti gambar dibawah ini.

  3. Jumlah Surat Suara Yang Diterima Panitia; isi jumlah surat suara yang diterima oleh Panitia (termasuk jumlah tambahannya). Isi jumlahnya saja jangan pakai lembar (hanya angka saja)

    Jumlah Hak Pilih (DPT); isi jumlah Pemilih sesuai dengan DPT yang telah ditetapkan. Isi jumlahnya saja jangan pakai orang (hanya angka saja)

    Jumlah Pemilih Yang Memberikan Suara; adalah jumlah Pemilih yang telah memberikan suaranya pada pemungutan suara. Data ini harus benar-benar valid sebab nantinya akan mempengaruhi jumlah suara. Jadi isi jumlah Pemilih yang telah memberikan suaranya atau yang telah mencoblos sesuai dengan data pada pemungutan suara. Isi jumlahnya saja jangan pakai orang (hanya angka saja)

    Jumlah surat suara dikembalikan pemilih karena rusak/salah coblos; adalah jumlah surat suara yang dikembalikan Pemilih karena rusak atau salah coblos pada saat pemungutan suara (apabila tidak ada, maka kosongkan saja dan apabila ada maka isi jumlah surat suara yang dikembalikan tersebut. Isi jumlahnya saja jangan pakai lembar / hanya angka saja)

  4. Masuk ke sheet "Calon" dengan meng-Klik tombol "Data Calon Kades" atau langsung saja ke sheet "Calon"

    Pertama anda siapkan dulu photo calon, dan usahakan photo calon berukuran maksimal 6 x 4 cm dan Image size-nya berukuran 100 px (pixel), jadi harus dikompres dulu dengan Photoshop.
  5. Apabila Calon Ada 5 Orang

    Langkah-langkahnya :


    1. Pada sheet "Calon", silahkan anda isi data-data calon kepala desa termasuk nama-nama saksi dari masing-masing calon. Apabila data calon anda telah membuatnya di file excel yang lain, anda bisa mengcopy data tersebut, dengan catatan copasnya menggunakan Copy lalu Paste Value. Setelah itu ganti photo calon dengan meng-klik tombol "Ganti Photo-1" sampai "Ganti Photo-5".

    2. Kemudian Masuk ke sheet "Hitung Suara" dengan meng-Klik tombol "Penghitungan Suara"

      Pertama anda klik tombol "Refresh" lalu klik tombol "Tampilkan" dan klik tombol "Hiden". Setelah itu ganti photo calon kepala desa berdasarkan Nomor Urut. Untuk mengganti photo calon agar tidak merubah kode photo tersebut maka klik pada photo calon tersebut lalu klik kanan dan pilih "Change Picture" lalu cari photo yang akan di masukan.

      Apabila anda bingung silahkan baca "Cara Memasukan Gambar atau Photo di Excel dengan Ukuran Yang Sama"

      Ganti semua photo calon dan untuk gambar atau photo untuk SUARA TIDAK SAH, bisa diganti sesuai keinginan saja atau biarkan saja yang jelas tidak ada photo dari calon.

    3. Masuk ke sheet "BA Penghitungan"

      Pertama anda klik dulu tombol "Tampilkan Semua Data" lalu klik tombol "Hiden Data Kosong", selanjutnya anda ganti photo calon dengan cara klik pada photo calon kemudian klik kanan dan pilih "Change Picture". seperti yang dibahas pada point 3.b. di atas. Ganti semua photo calon.

      Dalam sheet "BA Perhitungan" yang perlu menjadi perhatian adalah tombol "REFRESH" dan tombol "NO REFRESH". Karena kita akan menggunakan aplikasi ini dan supaya tidak terlalu berat maka Non Aktifkan tombol "NO REFRESH" sehingga akan kelihatan tombol "NO REFRESH" tidak aktif sedangkan tombol "REFRESH" kelihatan Aktif, seperti gambar dibawah.

      Dan apabila perhitungan suara sudah selesai maka anda klik tombol "REFRESH" sehingga akan ditampilkan photo calon yang menang



    4. Masuk ke sheet "Suara Calon 1" sampai "Suara Calon 5" kemudian ganti photo calon seperti diuraikan pada point 3.b. diatas

    Apabila Calon Ada 4 Orang

    Langkah-langkahnya :

    1. Pada sheet "Calon" anda isi data-data calon kepala desa termasuk nama-nama saksi dari masing-masing calon. Cara-caranya sama dengan pada calon 5 orang di atas. Di sini saya bahas bahwa untuk Suara Tidak Sah tetap pada baris terakhir yang diberi warna Orang, namun Nomornya diganti menjadi urutan ke 5. Sedangkan photo yang sudah ada pada baris ke lima (data yang kosong) tidak perlu di hapus, biarkan saja.
    2. Masuk ke sheet "Hitung Suara"
      Cara pengaturannya lihat pada point 3.b. pada calon 5 orang di atas.
    3. Masuk ke sheet "BA Penghitungan"
      Cara pengaturannya lihat pada point 3.c. pada calon 5 orang di atas.
    4. Masuk ke sheet "Suara Calon 1" sampai "Suara Calon 4"
      Cara pengaturannya lihat pada point 3.d. pada calon 5 orang di atas.


    5. Catatan :
      • Untuk Calon Ada 3 atau 2 intinya sama saja dengan pembahasan di atas, yang jelas untuk "Suara Tidak Sah" tetap berada di baris terakhir (yang diberi warna Orange) hanya saja Nomor Urutnya saja yang diganti.
      • Jangan Menghapus photo yang sudah ada tapi ganti photo yang sudah ada seperti dibahas di atas yaitu menggunakan "Change Picture"
      • Atur Page Setup sesuai ukuran kertas dan jenis Printer yang digunakan karena ada kemungkinan hasil yang akan di print akan berbeda-beda tergantung dari ukuran kertas yang digunakan dan juga jenis printer yang digunakan.

B. Simulasi Penghitungan Suara

    Untuk simulasi percobaan aplikasi agar nanti saat pelaksanaan Penghitungan Suara tidak ada kendala, anda bisa meng-klik Tombol Nomor Urut digunakan untuk perolehan Suara tiap calon.

    Dan lihat hasilnya disetiap sheet yang ada, apakah sudah benar atau masih ada yang error. Dan lihat juga pada sheet "Suara Calon 1" sampai "Suara Tidak Sah" hasil suara harus berbentuk garis, seperti di bawah ini.

    Namun apabila hasilnya seperti gambar di bawah ini, berarti anda belum meng-install jenis font "tally", silahkan install dulu jenis font "tally" seperti diuraikan di atas.

    Apabila aplikasi sudah siap digunakan maka sebaiknya hasil Simulasi tadi anda hapus, caranya anda masuk ke sheet "Hasil Penghitungan" dan klik tombol "Hapus Data".


C. Pelaksanaan Penghitungan Suara

    Dalam pelaksanaan penghitungan suara, anda bekerja di sheet Hitung Suara.

    Tombol Nomor Urut digunakan untuk perolehan Suara tiap calon.

    Setiap Surat Suara disebutkan oleh petugas maka anda klik No. Urut yang disebutkan tersebut, sehingga datanya akan tersimpan di Sheet "Hasil Penghitungan". Begitulah seterusnya.

    Namun apabila anda salah mengklil Nomor Urut Calon, misalnya disebutkan oleh panitia Nomor 1 namun anda mengklik Nomor 2 maka mintalah ke petugas pembaca surat suara untuk berhenti sejenak lalu anda klik tombol "Undo" dan setelah itu bisa dilanjutkan lagi.

    Dalam mengklik Nomor Calon anda harus benar-benar berkonsentrasi penuh, jangan sampai terganggu oleh hal-hal lain. Pengalaman kami waktu itu hasil dari aplikasi dengan yang ditulis oleh petugas menggunakan kertas plano ternyata lebih akurat dengan aplikasi ini.

    Dalam sheet "Hitung Suara" ini akan ditampilkan beberapa data hasil penghitungan suara.

    1. Perolehan Suara setiap calon beserta persentase (%) dari perolehan suara tiap calon.
    2. Jumlah Suara, artinya surat suara yang sudah diinput beserta persentase-nya (%) dari jumlah surat suara yang di coblos pemilih.
    3. Sisa Suara, yaitu sisa surat suara yang belum disebutkan oleh petugas / yang belum diinput. Apabila Sisa suara masih ada sisa sedangkan surat suara sudah dibacakan semuanya berarti ada kekeliruan pada saat input suara atau apabila sisa suara sudah 0 (nol) sedangkan surat suara masih ada berarti ada kelebihan input.
      Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka mohon diperhatikan bahwa apabila anda ragu saat memasukan "Jumlah Pemilih Yang Memberikan Suara" di sheet "Data Utama" sebagaimana diuraikan di atas, maka sebaiknya saat penghitungan suara akan selesai maka pada saat surat suara yang belum dibacakan sebanyak 10 lembar/suara lagi maka hentikan dulu penghitungan suara dan anda lihat pada kolom "Sisa Suara" apakah sama dengan sisa suara yang belum dibacakan, apabila ada selisih sebaiknya anda perbaiki dulu "Jumlah Pemilih Yang Memberikan Suara" di sheet "Data Utama" agar jumlahnya sama. Namun apabila sisanya sama langsung dilanjutkan saja penghitungan suaranya.

D. Langkah-langkah setelah Selesai Penghitungan Suara

    Apabila penghitungan suara sudah selesai maka anda isi jam di tutupnya penghitungan suara pada sheet "BA Penghitungan" (dalam hal ini contoh 20.15 WIB) begitu juga pada point f. Hasil penghitungan suara diumumkan pada pukul .....( isi di kolom yang diberi warna kuning, dalam hal ini sebagai contoh 20.20 WIB)



    Masih di sheet "BA Penghitungan" anda klik tombol "REFRESH" sehingga akan ditampilkan photo calon kepala desa yang menang atau yang memperoleh suara terbanyak.

    Langkah selanjutnya anda tinggal Print data-data yang dibutuhkan dan bisa langsung di tanda tangani oleh semua pihak pada saat itu juga. Untuk print data yang dibutuhkan saat selesainya Penghitungan Suara, anda bisa mengklik gambar Print di sheet "BA Penghitungan"

    Klik gambar "Print" sehingga akan muncul menu pilihan sebagai berikut :

    Beri tanda ceklist pada data yang dibutuhkan dan isi jumlah print yang akan di print lalu klik tombol "Print" lalu tanda tangani semua Berita Acara, Sertifikasi dan Perolehan Suara Calon terutama oleh Saksi-saksi pada saat itu juga (atau setelah selesai penghitungan suara). Jangan punya anggapan bahwa menanda tangani berkas penghitungan suara bisa nanti saja karena kalau terjadi masalah, maka saksi-saksi sudah tanda tangan berarti sudah menyetujui dan bertanggungjawab atas hasil penghitungan suara tersebut.

    Untuk sheet yang lainnya bisa di Print sehari setelah penghitungan suara atau disesuaikan dengan laporan panitia dan pembuatan SK Penetapan Calon Kepala Desa Terpilih oleh BPD.

Apabila anda masih mengalami kesulitan dalam penggunaan aplikasi penghitungan suara tersebut, bisa menghubungi saya melalui email di baladaka@gmail.com atau melalui SMS/Telp/WA 0812 1984 3366

Mudah-mudahan saya bisa membantu dan terima kasih atas bantuannya.


Apabila anda ingin Aplikasi Penghitungan Suara Pilkades, sesuai dengan Format Lampiran Perbup / Format-format ditempat anda (seperti Berita Acara, Surat Keputusan dan format lainnya), dan atau anda ingin aplikasi Penghitungan Suara tinggal pakai maka silahkan kirimkan data-datanya. silahkan download data isiannya di sini...!! dan kirim juga photo Calon-nya.
Silahkan kirimkan Via WA 0812 1984 3366 atau via email baladaka@gmail.com



Aplikasi Penghitungan Suara Pilkades Kode DJ2606099


Demikian Catatan Kecil tentang :
Terima kasih atas kunjungannya dan "Selamat Berkreasi Semoga Sukses"

Selanjutnya 
« Prev Post
 Sebelumnya
Next Post »

Catatan Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar / saran-sarang yang membangun di sini !

Penghitungan Suara Pemilihan Kepala Desa-DJ2606099