Biografi Singkat Anis Djatisunda (Budayawan Jawa Barat)

ANIS ‘JOHANIS’ DJATISUNDA

Lahir di Desa Ciemas, Jampangkulon Kabupaten Sukabumi pada tanggal 7 Mei 1939. Lulusan SMA Negeri tahun 1964 dan Otodidak

Tinggal di Jl. Veteran I, Gang Kaum 4 No. 88 Kecamatan Cikole, Kelurahan Gunungparang, Kota Sukabumi – 43111.

Beliau wafat pada hari Kamis 24 Februari 2011, dimakamkan di TPU Taman Rohmat, Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi

Beliau merupakan Pensiunan PNS (1965-1999) dan pernah bekerja menjadi : 1. Penilik Kebudayaan Kec. Kota Sukabumi Selatan; 2. Penilik Kebudayaan Kec. Tegalbuleud Kab. Sukabumi; 3. Penilik Kebudayaan Kec. Baros Kota Sukabumi; 4. Kasi Kebudayaan Depdikbud Kota Sukabumi; 5. Seksi Bina Program Bidang Kesenian Kanwil Depdikbud Provinsi Jawa Barat.

Karier profesi yang pernah beliau sandang diantaranya : 1. Ketua LSM “HANJUANG” yang bergerak dalam bidang Budaya Daerah dan Pariwisata Indonesia; 2. Penulis Free lance di Majalah Sunda Mangle; 3. Sekretaris/pelatih Senam Lembaga Seni Pernafasan MAHATMA Indonesia Cabang Tanjungsari Sukabumi; 4. Mitra Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia (MSPI); 5. Anggota Komite Budaya Jawa Barat/Pengamat Budaya Jawa Barat dan Banten; 6. Mitra DESANTARA Institute for Cultural Studies Indonesia; 7. Pengasuh/Penulis Rubrik PADUMUKAN KI SUNDA, Koran Jurnal Bogor.

Hasil karya atau pengalaman beliau baik lokal, regional maupun tingkat Nasional bahkan Internasional. Tingkat Lokal, Regional dan Nasional, diantaranya : 1. Pentas ragam seni lokal s.d tingkat Nasional, Kolektor Folklore se-Jawa Barat, Makalah-makalah / Seminar-seminar. Naskah-naskah, buku-buku Sejarah atau Adat Istiadat; 2. Penelitian Masyarakat Baduy dan Masyarakat Adat Pancer Pengawinan di Banten Selatan. Adapun tingkat Internasional, diantaranya : 1. Pemenang lomba foto kalender ACCU (Asian Cultural Center for Unesco) di Tokyo Jepang tahun 1992, judul karya foto "To Bite Harvested Rice" (mengikat padi); 2. Performance PANTUN BADUY di 5 Kota Nederlands (Negeri Belanda) tahun 1993.

Anis Djatisunda atau sering dipanggil Ki Anis diakui secara resmi sebagai Budayawan Nasional sejak Tahun 1980an dengan Penghargaan langsung dari Presiden Soeharto, dan ditambah dengan Penghargaan yang sama pada Tahun 2010 melalui Gubernur Provinsi Jawa Barat. Nama beliau dapat ditemukan di wikipedia dan sudah banyak tercatat juga di blog/website

Berkat bimbingan beliau yang tanpa mengenal lelah yang selalu memberikan masukan-masukannya demi kebaikan sehingga "Buku Sejarah Surade" bisa terwujud. Dan berkat bantuan beliau juga Penetapan Hari Jadi Surade bisa ditentukan yaitu tanggal 5 Desember 1758 Masehi. Untuk itu kami selaku warga masyarakat Surade mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan dan bimbingannya, semoga Allah SWT membalas kebaikan beliau. Aamiin.


Demikian Catatan Kecil tentang :
Terima kasih atas kunjungannya dan "Selamat Berkreasi Semoga Sukses"

Selanjutnya 
« Prev Post
 Sebelumnya
Next Post »

Catatan Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar / saran-sarang yang membangun di sini !

Biografi Singkat Anis Djatisunda (Budayawan Jawa Barat)