Obyek Wisata Curug Luhur Cigangsa

Curug Luhur Cigangsa merupakan obyek wisata air terjun dengan panorama alam yang memukau yang mempunyai nilai sejarah yang berada di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi Propinsi Jawa Barat. Sungai Cigangsa merupakan aliran sungai hanyutnya Nyi Putri Suradewi yang merupakan putri dari Rd. Jagabaya yang menjadi Bupati Galuh Imbanagara dari tahun 1732 – 1751 Masehi. Nyi Putri Suradewi adalah adik dari Rd. Suranangga atau di daerah Surade lebih dikenal dengan nama Eyang Wirasantri Dalem Cigangsa. Beliau adalah tokoh pendiri Surade dan yang menyebarkan ajaran agama Islam serta merupakan pejuang dalam mengusir penjajahan Belanda.

Curug ini pertama kali di tata dan dikelola oleh anak-anak baladaka yang bekerjasama dengan masyarakat setempat yang kemudian dikelola oleh Pemerintahan Kelurahan Surade.

Curug Luhur Cigangsa berada di antara Desa Kadaleman dan Kelurahan Surade Kecamatan Surade tepatnya di sekitar Kp. Batu Suhunan Kelurahan Surade.

Di musim kemarau, air terjun yang berada di Curug Luhur Cigangsa ini alirannya kecil sehingga kita bisa melihat keindahan bebatuan yang menyerupai candi, sedangkan di musim penghujan, aliran air terjunnya sangat besar sekali sehingga kita bisa melihat keindahan air terjun tersebut.


Demikian Catatan Kecil tentang :
Terima kasih atas kunjungannya dan "Selamat Berkreasi Semoga Sukses"

Selanjutnya 
« Prev Post
 Sebelumnya
Next Post »

Catatan Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar / saran-sarang yang membangun di sini !

Obyek Wisata Curug Luhur Cigangsa