Sambutan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi


Cetakan Kedua : Desember 2023




 

SAMBUTAN

KEPALA DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN

KABUPATEN SUKABUMI




Bismillahirrahmannirrahiim.

Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Kisah-kisah heroik menjadi sejarah Pajampangan. Kali ini di era perseteruan Mataram Islam dengan VOC Belanda. Pada saat itu tatar Parahyangan menjadi rebutan pengaruh Mataram dengn Kumpeni. Buku yang sedang anda baca ini memulai kisahnya dari sebuah kawasan setingkat Kabupaten bernama Galuh Imbanagara. Sang Bupati bernama Raden Jagabaya. Ditengah konflik Mataram-Kumpeni, dia menolak tunduk kepada Belanda tapi juga menolak patuh kepada Mataram. Sehingga akhirnya menyingkir ke sebuah tempat yang bernama Surade sekarang. Rupanya baik Mataram maupun Belanda tidak begitu saja melepas Jagabaya, Maka Surade menjadi tempat pertempuran segtiga antara pasukan yang setia pada Jagabaya, melawan pasukan Mataram, sekaligus juga pasukan Belanda. Boleh dikatakan Surade didirikan oleh orang-orang yang semangat merdeka.

Buku ini disusun oleh Baladaka (Balad Pemuda Kreatif) Surade setelah melalui riset yang cukup panjang dan mendapat legitimasi dari pihak-pihak terkait, baik pakar sejarawan maupun budayawan Jawa Barat. Sempat pula diseminarkan di tahun 2008.

Pada kesempatan kali ini saya mengucapkan syukur Alhamdulillah karena buku ini kembali dapat dicetak, agar kisah heroik yang merupakan sejarah ini dapat lebih luas dipublikasikan dan di baca oleh masyarakat.

Akhirnya, atas nama Dinas Arsip dan Perpustakaan sebagai lembaga koleksi lokal mengucapkan terimakasih kepada kawan-kawan Baladaka Surade yang telah merawat ingatan satu kepingan lagi sejarah berdirinya Kabupaten Sukabumi dan tetap semangat menelorkan buku-buku selanjutnya.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh








Di salin dari "Buku Sejarah Surade"
Hak Cipta © Baladaka Surade - 0812 1984 3366

Demikian Catatan Kecil tentang :
Terima kasih atas kunjungannya dan "Selamat Berkreasi Semoga Sukses"

Selanjutnya 
« Prev Post
 Sebelumnya
Next Post »

Catatan Terkait



Sambutan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sukabumi