Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Desa-DJ2606097


Dalam mempermudah pekerjaan saya selaku panitia Pilkades Jagamukti Tahun 2017, saya mencoba membuat sebuah administrasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) sampai dengan pencetakan Surat Undangan berdasarkan DPT tersebut. Dan Alhamdulillah pekerjaan saya selaku panitia waktu itu sedikit ringan atau terbantu dengan administrasi ini.

Di sini saya mencoba berbagi dengan rekan-rekan panitia Pilkades yang mungkin sedang menghadapi kegiatan Pilkades di desanya. Namun saya akui bahwa administrasi tersebut masih banyak kekurangannya.

Administrasi ini menggunakan Excell Macro, sehingga untuk menggunakan administrasi ini agar bisa berjalan normal, silahkan baca artikel “Cara Mengaktifkan FileExcel Berbasis VBA Macro”

Selain itu, administrasi ini kami setting ke regional “Bahasa Indonesia” maka apabila computer atau laptop anda belum di setting ke bahasa Indonesia silahkan setting dulu, atau bisa baca “Cara Mensetting Regional Komputer”

Pada saat file dibuka masukan User dan Password-nya. Kemudian kita masuk saja ke sheet “Menu”



Di Sheet “Menu”, “Data Calon Kades” dan sheet “Data RT”, silahkan anda isi data-data yang dibutuhkan.

Untuk Sheet “SK DPT” bisa disesuaikan dengan kondisi sekarang.

Masuk ke sheet “DPT” pindahkan data dari “DPS” ke sheet “DPT” apabila baris data kurang maka anda bisa menginsert row di akhir baris yang diberi warna biru. Setelah di pindahkan data DPS ke DPT lalu anda simpan kursor di baris nomor 0001 pada kolom Nama lalu anda pindahkan kursor ke bawah sampai data terakhir bisa menggunakan tanda panah ke bawah di keyboard (dari nama yang pertama sampai nama terakhir). Untuk Nomor Urut 1 – 5, usahakan untuk Nama Calon Kades. Hal ini dilakukan untuk membuat rumus otomatis.
Untuk menhapus data DPT silahkan klik tombol “Hapus Data”


Untuk pemakaian sama dengan di Administrasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Kepala Desa
Perubahan-perubahan data :
  1.  Apabila ada data tambahan maka tuliskan datanya di bawah data yang ada dengan atatan di kolom keterangan diberi kode “BARU” sehingga akan otomatis datanya akan pindah ke sheet “DP Tambahan” - Daftar Pemilih Tambahan
  2. Apabila dalam data DPS (awal) ada perubahan misalnya Pindah, maka masukan datanya ke sheet “DP Pindah” - Daftar Pemilih Yang Pindah dan di sheet “DPT” dihapus
  3. Apabila dalam data DPS (awal) ada perubahan misalnya Meninggal Dunia, maka masukan datanya ke sheet “DP Meninggal” - Daftar Pemilih Yang Meninggal Dunia dan di sheet “DPT” dihapus
  4. Apabila ada perubahan atau perbaikan data maka di sheet “DPT” diperbaiki langsung namun data tersebut juga dicopy ke sheet “DP Perbaikan” - Daftar Pemilih Perbaikan Nama dan/atau nama dan/atau identitas lainnya.
Silahkan cek data di sheet “Cek Data DPT” apabila ada datanya berarti ada beberapa data yang double atau Nomor KK atau NIK yang sama. Apabila double silahkan hapus salah satunya di sheet DPT.




Untuk sheet yang lainnya sudah otomatis, jadi rasanya tidak perlu dirubah kecuali narasi teks nya yang tidak sesuai dengan kondisi ditempat anda, silahkan disesuaikan.

Itulah yang dapat kami share kan pengalaman kami waktu menjadi panitia Pilkades, semoga ada manfaatnya.

Apabila anda masih mengalami kesulitan dalam penggunaan aplikasi penghitungan suara tersebut, bisa menghubungi saya melalui email di panitia.pilkades.jagamukti@gmail.com atau di baladaka@gmail.com atau melalui SMS/Telp/WA 0812 1984 3366

Mudah-mudahan saya bisa membantu dan terima kasih atas bantuannya.



Administrasi DPT Pilkades Kode DJ2606097

Demikian Catatan Kecil tentang :
Terima kasih atas kunjungannya dan "Selamat Berkreasi Semoga Sukses"

Selanjutnya 
« Prev Post
 Sebelumnya
Next Post »

Catatan Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tulis komentar / saran-sarang yang membangun di sini !

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Desa-DJ2606097